Perbedaan Pohon Mimba dan Mindi

Perbedaan Pohon Mimba dan Mindi

Pohon mimba dan mindi sering dianggap sama, padahal keduanya berbeda. Mindi (Melia azedarach) dan Mimba (Azadarachta indica) sama-sama berasal dari familia Meliaceae, namun berbeda taksonominya. Berikut ini beberapa perbedaan pohon mimba dan mindi yang wajib diketahui.

1. Ukuran Daun

Dikutip dari laman unair.ac.id, Mindi (Melia azedarach) memiliki ukuran daun lebih kecil dengan ujung daun tunggal pada ujungnya, sedangkan Mimba (Azadarachta indica) berukuran lebih besar, lebih bergerigi tepian daunnya dan berpasangan.

Sumber lain dari Publikasi Ilmiah UMSdaun mimba tidak simetris dan lebih panjang sedang daun mindi simetris dan lebih pendek serta lebar.

2. Kandungan Racun

Kandungan racun dalam Mimba cenderung lebih tinggi dari Mindi.

3. Rasa Pahit

Jika daun mimba dicicipi, rasanya jauh lebih pahit daripada rasa daun mindi.

4. Bekas Gigitan Serangga

Pada daun mindi masih terlihat bekas gigitan serangga. Beda dengan daun mimba, yang biasanya bersih dari bekas gigitan serangga.

5. Manfaat

Manfaat buah mindi untuk pestisida, obat cacing, antipiretik dan sebagai obat luar untuk kulit. Sedangkan manfaat daun mindi untuk obat cacing, diuretik, sebagai antidabetes dan mengobati asam urat.

Manfaat Mimba untuk mengobati peradangan, kritik, gula darah rendah, demam, peradangan, jerawat, infeksi, malaria, tumor, jamur, infeksi ekterial, infeksi spemisida, peradangan, diuretik, dan tukak lambung.

Itulah beberapa perbedaan pohon mimba dan mindi yang wajib diketahui. Pohon Mindi dan Mimba sama-sama dikenal sebagai penghasil kayu yang baik sering menjadi tanaman peneduh jalan.

Selain itu, Pohon Mindi dan Mimba juga digunakan sebagai pestisida alami pada pertanian organik. Ini menjadi bukti banyaknya inovasi yang dihasilkan dari alam. Untuk mendapatkan informasi seputar inovasi teknologi, silahkan kunjungi website https://daizizheng.com/.