Lebih Bagus Farmasi atau Kesehatan Masyarakat

Lebih Bagus Farmasi atau Kesehatan Masyarakat

Banyak orang melontarkan pertanyaan mengenai lebih bagus farmasi atau kesehatan masyarakat? Pertanyaan ini banyak diberikan oleh siswa yang masih bingung memutuskan jurusan di bidang kesehatan. Farmasi dan kesehatan masyarakat sering menjadi perbandingan yang cukup membingungkan. Lantas lebih bagus yang mana? Cek dibawah ini.

Lebih Bagus Farmasi atau Kesehatan Masyarakat?

1. Kenali Jurusan Secara Mendalam

Sebelum mengambil keputusan untuk masuk sebuah jurusan kuliah, maka kamu perlu mengenalnya secara mendalam terlebih dahulu. Ini sangat penting untuk membantu kamu mengenal jurusan serta menyesuaikannya pada prospek karir sesuai keinginan.

Jurusan farmasi nantinya akan mempersiapkan mahasiswanya untuk memiliki pemahaman dalam hal persiapan obat-obat sesuai kebutuhan. Selain itu, lulusan jurusan farmasi juga akan melakukan peracikan obat secara tepat sesuai kebutuhan pasien.

Beda halnya dengan kesehatan masyarakat yang masih satu linier dalam bidang kesehatan. Jurusan ini merupakan bidang ilmu yang nantinya akan belajar mengenai pengobatan penyakit serta pencegahannya. Tujuannya adalah menjaga serta promosi kesehatan sosial di lingkungan.

2. Peluang Kerja dan Pendidikan

Sementara itu prospek kerja dan pendidikan juga menjadi salah satu poin penting dalam menentukan farmasi atau kesehatan masyarakat.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang apoteker dari jurusan farmasi masih perlu menempuh pendidikan profesi apoteker terlebih dahulu. Waktu tempuh pendidikan yang perlu kamu lakukan adalah 2 tahun.

Jurusan farmasi tidak bisa langsung menjadi apoteker setelah lulus. Meski demikian peluang kerja yang dimiliki oleh lulusan dari jurusan farmasi nantinya juga akan sangat banyak.

Meski tidak banyak diketahui, jurusan kesehatan masyarakat umumnya juga menjadi pilihan ideal. Secara umum, kesehatan masyarakat ini nantinya akan belajar mengenai dasar-dasar dalam ilmu kesehatan.

Semua dari lulusan kedokteran, farmasi, keperawatan serta dokter gigi akan mengambil S2 di Kesmas. Ini menjadi salah satu syarat penting yang biasanya juga diwajibkan untuk mereka masuk ke dunia kerja.

Kesimpulan

Jadi lebih bagus farmasi atau kesehatan masyarakat? Jawabannya sesuai dari kebutuhan diri sendiri serta minat karir kamu. Pemilihan antara dua jurusan tersebut juga menyesuaikan biaya serta kesiapan waktu yang kamu miliki dalam menempuh pendidikan. Tentunya semua jurusan sama-sama bagus ketika dilakukan oleh seseorang, yang memiliki minat disana.

Bagi kamu yang ingin menjadi ahli farmasi penting untuk bergabung dengan organisasi farmasi terbaik di Indonesia yaitu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI. Info lebih lengkap bisa mengunjungi website resmi di Pcpafisorong.org.