Fungsi Plastik Klip Farmasi dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Plastik Klip Farmasi dan Jenis-Jenisnya

Sebelum mengetahui fungsi klip farmasi, ketahui dulu yuk apa itu klip farmasi. Ziplock atau plastik klip farmasi adalah jenis kemasan yang dilengkapi dengan alat penutup yang bisa dibuka dan ditutup berulang kali. Plastik klip farmasi biasanya terdiri dari dua pita plastik dengan gigi-gigi kecil yang tersusun rapi di sepanjang tepi, memungkinkan kemasan untuk disegel secara rapat ketika ditarik bersama-sama.

Kantong plastik klip ini tersedia berwarna putih, merah, hijau dan biru dengan strip/rel single merah atau putih susu. Ada cat putih di permukaan plastik yang berfungsi untuk ditulis. Kantong Plastik Klip ini banyak digunakan di dunia farmasi. Resep dan petunjuk pemakaian obat dapat ditulis di atas kantong plastiknya. Untuk lebih lengkapnya, simak fungsi plastik klip farmasi dan jenis-jenisnya dibawah ini.

Fungsi Plastik Klip Farmasi

  • Membungkus obat agar tetap bersih dan steril, serta memudahkan pasien dalam mengingat obat yang harus dikonsumsi.
  • Kantong plastik klip juga dapat digunakan untuk menuliskan resep dan petunjuk pemakaian obat.
  • Alat yang akan sangat bermanfaat dan menjaga obat dari toksisitas.

Jenis Plastik Klip Farmasi

1. LDPE (Polietilena Rendah Densitas)

LDPE adalah jenis plastik yang fleksibel dan dapat meregang dengan baik. Ini membuat jenis plastik ini sangat cocok digunakan dalam pembuatan plastik klip farmasi karena dapat menahan tekanan saat disegel dan memiliki daya tahan yang baik terhadap suhu rendah.

2. HDPE (Polietilena Tinggi Densitas)

HDPE lebih keras daripada LDPE tetapi tetap elastis. Jenis plastik ini cocok untuk plastik klip farmasi yang memerlukan kekuatan tambahan dalam menahan tekanan atau berbagai jenis produk yang berbeda.

Itulah fungsi plastik klip farmasi dan jenis-jenisnya. Selain untuk farmasi, plastik klip juga berguna untuk pengemasan makanan, baju, kosmetik, makanan hewan dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai farmasi bisa bergabung dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) di Pafipurworejokab.org.