Peran Bank Raya dalam Membantu dan Mempermudah Transaksi Finansial Masyarakat

Peran Bank Raya dalam Membantu dan Mempermudah Transaksi Finansial Masyarakat

Pemanfaatan teknologi di bidang layanan keuangan telah membawa perubahan yang signifikan pada industri perbankan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, bank-bank di seluruh dunia, termasuk Bank Raya, mulai mengadopsi layanan perbankan digital untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin kompleks.

Nasabah senang akan kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh layanan perbankan digital, seperti kemudahan mengakses rekening, melakukan transaksi, hingga mengelola keuangan pribadi. Perubahan ini tentunya mendorong perbankan, termasuk Bank Raya, untuk mempercepat proses transformasi menuju perbankan digital, dengan terus berinovasi dan mengembangkan fitur-fitur baru yang lebih canggih dan user-friendly.

Apa Itu Bank Digital?

Perbankan digital adalah aktivitas perbankan yang dilakukan sepenuhnya secara daring atau dalam jaringan. Baik itu melalui situs web maupun aplikasi seluler. Penggunaan Bank Digital memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan dan mengakses layanan perbankan dari jarak jauh.

Nasabah tidak perlu mengunjungi kantor cabang ataupun Automatic Teller Machine (ATM) secara fisik untuk melakukan transaksi. Jadi, nasabah dapat mengakses rekening mereka kapan saja, dari mana saja, dan melakukan berbagai transaksi. Misalkan seperti memeriksa saldo rekening, mentransfer dana, membayar tagihan, dan mengajukan pinjaman.

Penggunaan bank digital juga semakin populer pasca pandemi covid 19. Mengutip dari independent financial advisory organisation deVere Group, terdapat peningkatan pesat pada penggunaan mobile banking ataupun aplikasi finansial di eropa. Angkanya menunjukkan 72% peningkatan pengguna.

Bank digital juga semakin diminati di Indonesia. Menurut Bank Indonesia, pada kuartal pertama tahun 2024, transaksi yang dilakukan melalui aplikasi perbankan digital meningkat sebesar 44,3% menjadi Rp19,7 triliun. Ini jauh lebih besar dibandingkan kuartal pertama tahun sebelumnya.

Perkembangan nasabah bank digital menjadi bukti bahwa bank digital semakin diminati seiring berjalannya waktu. Peralihan nasabah dari bank konvensional juga menunjukkan bahwa bank digital seperti Bank Raya mampu memberikan berbagai keuntungan bagi nasabah. Salah satunya contohnya adalah kemudahan dan fleksibilitas yang dimiliki oleh nasabah. Tapi kenapa Bank Digital sangat membantu kehidupan sehari-hari?

Digital banking dapat membantu kebutuhan nasabah untuk dapat mengakses layanan perbankan. Ini meliputi pembuatan dan registrasi rekening (onboarding), melakukan pembayaran, transaksi e-commerce, pengajuan pinjaman, investasi, hingga pengelolaan keuangan dengan mudah, cepat, di mana pun, dan kapan pun.

Salah satu bank digital di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan saat ini adalah Bank Raya yang merupakan bagian dari Bank BRI. Bank Raya menghadirkan berbagai fitur yang sangat berguna untuk nasabah. Selain itu, hadirnya fitur-fitur tersebut menghadirkan berbagai keuntungan untuk nasabah.

Mengenal Bank Raya

Bank Raya adalah bank digital bagian dari BRI Group menjadi upaya BRI untuk ikut bergerak di sektor bank digital. Aplikasi mobile banking Bank Raya (Raya Apps) memiliki produk unggulan. Contoh dari fitur unggulan ini seperti simpanan digital. Selain itu, tersedia juga fitur lain seperti Saku Bujet, Saku Pintar, Saku Jaga, Saku Bisnis, dan Saku Bareng.

Raya Apps juga menyediakan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan transaksi seperti transfer, pulsa, top up e-wallet, QRIS, dan pembelian tiket KAI. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh di Android dan iOS.

Bank Raya adalah Bank Digital yang sangat inovatif di Indonesia. Ini karena Bank Raya merupakan bank digital pertama yang memiliki produk pinjaman fully digital yaitu Pinang, dengan beberapa produk unggulan seperti Pinang Maksima dan Pinang Performa. Dua produk pinjaman ini menghadirkan pinjaman produktif untuk pelaku usaha. Selain dua produk pinjaman tersebut, Bank Raya juga menyalurkan pinjaman untuk pelaku usaha melalui fintech atau P2P lending dengan produk Pinang Connect.

Bank Raya juga menawarkan Pinang Dana Talangan. Ini merupakan produk pinjaman untuk mendukung produktivitas Agen BRILink. Selain itu, Bank Raya juga menawarkan pinjaman  multiguna untuk karyawan tetap yaitu Pinang Flexi.

Bank Raya memiliki visi menjadi Bank Digital Utama yang memberikan akses terluas bagi masyarakat segmen mikro & kecil di Indonesia. Untuk mewujudkan visi tersebut, Bank Raya melakukannya dengan lima cara. Berikut adalah lima misi Bank Raya untuk menjadi bank digital utama yang memberikan akses terluas bagi masyarakat segmen mikro dan kecil di Indonesia.

  • Menyediakan produk dan layanan yang relevan dengan kebutuhan nasabah (customer-centric) melalui pendekatan digital secara end-to-end.
  • Menghadirkan layanan perbankan digital yang intuitive, secure, & reliable.
  • Mengembangkan jaringan unit kerja dengan pendekatan Hybrid Network & Distribution.
  • Bank Raya berusaha untuk menciptakan integrasi antara bisnis dan teknologi.
  • Bank Raya berupaya memperkuat governance, risk, dan compliance untuk menciptakan good corporate governance.

Dengan pendekatan yang holistik, Bank Raya tidak hanya fokus pada peningkatan inklusi keuangan tetapi juga berupaya untuk memberdayakan komunitas lokal, memberikan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan begitu, Bank Raya berpotensi menjadi pilar utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia.

Keuntungan Menggunakan Bank Digital seperti Bank Raya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu keuntungan utama dari bank digital adalah kemudahan pembukaan rekening tanpa harus datang ke kantor cabang. Bank Raya, misalnya, menawarkan berbagai fitur yang sangat membantu nasabah. Contoh dari fitur ini adalah  smart login dengan face recognition dan fitur pengelolaan keuangan (Saku) yang membantu pengguna memiliki banyak rekening dalam satu aplikasi. Selain itu, terdapat juga beberapa fitur Saku dari Bank Raya seperti:

1. Saku Utama

Fitur Saku Utama di aplikasi Raya dapat digunakan untuk kebutuhan transaksi di aplikasi.

2. Saku Bujet

Fitur ini memudahkan nasabah untuk mengatur bujet harian dengan memisahkan uang sesuai kebutuhan. Fitur ini memiliki hingga 10 saku dengan nomor rekening yang berbeda. Contoh dari penggunaan fitur ini pengelolaan kebutuhan rumah tangga, seperti pemisahan biaya makan, listrik, dan sekolah anak.

3. Saku Jaga

Fitur Saku Jaga dirancang untuk memenuhi kebutuhan dana darurat jangka panjang dengan suku bunga yang kompetitif. Sehingga dapat  menjaga tingkat biaya bunga yang optimal. Contoh penggunaan fitur ini adalah simpanan untuk memenuhi kebutuhan dana darurat jangka panjang ini adalah biaya perawatan kesehatan.

4. Saku Pintar

Fitur ini dapat membantu nasabah untuk menabung secara otomatis setiap bulan, dengan tanggal dan nominal autodebet yang dapat disesuaikan.

5. Saku Bisnis

Fitur Saku Bisnis pada aplikasi Raya dirancang untuk mendukung kebutuhan pelaku usaha dalam mengelola keuangan bisnis, Tujuannya supaya pengelolaan keuangan bisnis mereka menjadi lebih baik.

6. Saku Bareng

Fitur ini memungkinkan menabung kolektif. Ini seperti membuat saku tabungan hingga 100 anggota. Fitur ini mempermudah dalam memisahkan bujet pribadi dan komunitas. Fitur ini juga sangat berguna untuk memantau saldo dan mutasi rekening bersama anggota. Selain itu, fitur ini dapat mengelola dana keluar yang hanya dapat diakses oleh admin dengan persetujuan anggota.

Dengan keamanan yang semakin terjamin dan layanan yang terus berkembang, bank digital seperti Bank Raya menjadi solusi yang tepat untuk kebutuhan perbankan modern. Hadirnya bank digital seperti Raya memperlihatkan bagaimana teknologi mempermudah kehidupan sehari-hari. Dari pembukaan rekening yang praktis, pengelolaan keuangan yang lebih teratur, hingga kemudahan melakukan berbagai transaksi dimana saja dan kapan saja.

Fitur-fitur inovatif yang ditawarkan Bank Raya memberikan kenyamanan bagi nasabah. Bank digital seperti Bank Raya juga mendukung inklusi keuangan di Indonesia, sehingga lebih banyak orang untuk mendapatkan akses ke layanan perbankan. Segera unduh aplikasi Bank Raya dan rasakan kemudahan transaksi keuangan di era digital seperti sekarang!