Ini Dia Jenis Jenis Artikel yang Harus Kamu Kenali

Ini Dia Jenis Jenis Artikel yang Harus Kamu Kenali

Buat kamu yang ingin mencoba menulis artikel, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenisnya. Hal tersebut karena dari tiap jenis jenis artikel memiliki format, aturan, dan peruntukan yang berbeda-beda.

Dengan begitu, kamu bisa mempelajari secara mendalam dengan benar dan tepat. Selain itu, dengan mengetahui jenis-jenisnya, kamu bisa mengenali jenis artikel mana yang untuk kamu pelajari lebih lanjut.

Jenis Jenis Artikel yang Harus Kamu Kenali

Artikel adalah sebuah tulisan yang memuat informasi secara singkat dan padat. Jadi, jika kamu tertarik pada salah satu jenisnya, kamu bisa memperdalamnya hingga menjadi mahir. Daripada kamu penasaran, baca sampai habis informasinya di bawah ini!

Artikel Deskriptif

Jenis yang pertama ini merupakan jenis artikel yang umumnya digunakan untuk mendeskripsikan mengenai subjek, objek, atau kejadian secara rinci. Ada pun contohnya bisa kamu temui pada portal atau platform berita. Untuk pembuatan artikel jenis ini tidak begitu sulit karena menggunakan template atau struktur 5w + 1H. 

Strkuktur tersebut dapat membantu kamu dalam mendeskripsikan informasi secara detail dan akurat. Terlebih lagi, dapat menjadikan artikel deskripsi yang kamu buat lebih bermutu.

Artikel Opini

Seperti namanya, jenis ini merupakan jenis artikel yang berisikan atau memuat pendapat mengenai suatu isu-isu tertentu. Selain pendapat, kamu juga dapat menemukan gagasan-gagasan menarik dan terbaru dari seorang penulis. Bahkan, juga sangat memungkinkan untuk menemukan sudut pandang yang belum pernah kita ketahui.

Artikel opini ini merupakan jembatan bagi siapa saja yang ingin memberi kritikan atau menanggapi suatu isu/fenomena melalui tulisan. Dari segi sifatnya, artikel ini cenderung subjektif. Namun, biar pun begitu, terdapat pemikiran kritis yang bisa kita telaah melalui proses berpikir logis.

Artikel Ulasan

Apabila kamu pernah menjumpai tulisan yang mengulas suatu produk, layanan, karya, atau tempat, maka itulah yang bernama artikel ulasan. Artikel ulasan ini populer dengan niche review. Cocok buat kamu yang mudah menjelaskan kesan dari sesuatu yang kamu coba.

Pada penulisannya, bermula dari pengenalan identitas suatu objek yang akan kamu ulas. Contohnya, seperti nama objek, asal-muasal, ukuran, hingga bentuk. Setelah itu, kamu bisa meluaskan review dari segi kelebihan, kekurangan, hingga detail-detail tertentu.

Artikel Ilmiah

Berikutnya, jenis artikel yang satu ini memiliki format yang bersifat formal. Adapun detailnya, seperti ada judul, abstrak, pendahuluan, kesimpulan, hingga melampirkan daftar pustaka. Lalu, untuk isi tulisannya merupakan hasil konvensi ilmiah berdasarkan penelitian pada suatu bidang ilmu. 

Selain memiliki format yang bersifat formal, gaya gahasa dan penulisannya pun cenderung sistematis. Terlebih lagi, perlu menggunakan penulisan dengan kerangka berpikir yang logis. Tak kalah penting lagi, antara artikel dan hasil penelitiannya dapat dipertanggungjawabkan.

Artikel Tutorial

Jenis ini merupakan jenis artikel yang bisa kita katakan sangat menjamur dan dapat dengan mudah kita temukan di internet. Artikel tutorial ini memuat informasi yang menyajikan panduan, langkah, atau cara-cara. Umumnya, pada artikel berjenis tutorial mengharuskan penulisan yang jelas, mudah dipahami, dan runtut.

Biasanya juga, pada artikel tutorial terdapat gambar untuk memandu pembaca agar lebih jelas. Ada pun contoh untuk artikel tutorial di antaranya seperti memasak, menggunakan aplikasi, memperbaiki barang rusak, dan lain-lain. 

Demikian artikel mengenai jenis jenis artikel yang harus kamu kenali. Semoga informasi yang disampaikan di atas dapat bermanfaat buat kamu. Setelah memahami berbagai jenis artikel tersebut, selanjutnya kita banyak-banyak berlatih membuatnya. Ingat, semakin kita banyak berlatih menulis, akan semakin mahir nantinya. So, dari 5 jenis di atas, mana yang ingin kamu coba untuk membuatnya?