Tips Masuk Farmasi, Syarat dan Biaya Terbaru

Tips Masuk Farmasi, Syarat dan Biaya Terbaru

Ada beberapa tips masuk farmasi yang wajib diketahui mulai dari syarat masuk farmasi hingga biaya masuk farmasi terbaru. Seperti diketahui, masuk farmasi menjadi impian banyak orang. Namun untuk masuk jurusan tersebut kamu perlu mempersiapkan diri secara matang. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyimak informasi mengenai tips masuk farmasi secara lengkap di bawah ini:

Tips Masuk Jurusan Farmasi

Berikut adalah tips masuk farmasi lengkap dengan biaya serta syaratnya:

Syarat

Dikutib dari laman pmb.usd.ac.id, disebutkan beberapa syarat untuk masuk jurusan farmasi. Umumnya setiap kampus mempunyai program masuk berbeda sehingga persyaratannya juga tidak sama. Namun secara umum terdapat 3 jalur masuk yang bisa digunakan bagi kamu untuk masuk jurusan ini.

Jalur tersebut meliputi tes mandiri, nilai laport serta prestasi. Bagi tes mandiri tentunya kamu perlu mengikuti setiap tahapan tes serta lolos dalam ujian tersebut. Bagi nilai raport keseluruhan nilai ketika di bangku SMA perlu mencukupi minimal masuk setiap universitas.

Bagi nilai raport nantinya akan ada sistem perangkingan, yang perlu kamu perhatikan. Sehingga ketika posisi kamu tergeser dengan kandidat lainnya maka peluang keterima menjadi berkurang. Sesuai namanya untuk jalur prestasi akan mengandalkan prestasi kamu di jalur akademik, olahraga atau seni.

Biaya

Umumnya setiap kampus mempunyai ketentuan biaya berbeda-beda bagi mahasiswa yang ingin masuk jurusan farmasi. Jadi ada banyak sekali informasi berbeda yang bisa kamu temukan. Dalam informasi kali ini kami akan menggunakan kampus UI sebagai acuan sumber utamanya,

Nantinya biaya untuk jurusan farmasi akan dibedakan menjadi dua. Pertama adalah BOP-B atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan dengan kisaran mulai dari Rp. 100.000 sampai Rp. 7.500.000.

Sementara itu sistem UKT untuk S1 farmasi ditetapkan secara pararel dengan BOP. Sehingga biaya pendidikannya mulai dari Rp. 8.000.000 sampai Rp. 15.000.000 per semester.

Tips Masuk

Selain mempersiapkan semua persiapan diatas tentunya kamu juga perlu memperhatikan tips masuk farmasi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ketahui:

  • Mencari informasi sebanyak mungkin di jurusan serta kampus pilihan.
  • Menguatkan niat.
  • Mengikuti tes buta warna.
  • Mempersiapkan diri sejak diri agar memenuhi passing grade kampus impian.

Itulah informasi mengenai tips masuk farmasi mulai dari syarat dan biaya masuk. Sebagai jurusan dengan banyak peminat pastinya saingan untuk masuk jurusan tersebut sangat ketat. Meski demikian kamu tetap bisa menaklukkannya dengan semangat serta belajar secara bersungguh-sungguh. Info lebih lengkap tentang farmasi bisa mengunjungi website pafikotabintuni.org. Semoga bermanfaat!