Profil PAFI, Organisasi Farmasi di Indonesia

Profi PAFI, Organisasi Farmasi di Indonesia

PAFI merupakan organisasi farmasi di Indonesia. Kehadiran PAFI sendiri memegang peranan penting dalam bidang farmasi serta kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu pastikan untuk mengetahui informasi terkait profilnya di bawah ini:

Profil PAFI

Berikut adalah profil lengkap PAFI untuk kamu ketahui:

Sejarah

Sejarah berdirinya PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia tidak terlepas dari era proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Keberadaan PAFI menjadi titik awal bangsa Indonesia, yang baru saja Merdeka.

Sementara itu PAFI sendiri merupakan sebuah organisasi tempat dimana berhimpunnya semua Tenaga Ahli Farmasi Profesi Asisten Apoteker atau AA di seluruh Indonesia. Untuk sekarang proses tersebut disebut sebagai TTK atau Tenaga Teknis Kefarmasian.

Sejarah berdirinya PAFI tepat setelah 6 bulan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Tepat di tanggal 13 Februari 1946 dibentuklah PAFI dan diresmikan di Hotel Merdeka Yogyakarta. Dalam pembentukan tersebut juga turut diangkat ketua PAFI, yaitu bapak Zainal Abidin.

Hingga pada akhirnya sampai sekarang setiap tanggal 13 Februari akan diperingati sebagia Hari Persatuan Ahli Farmasi di Indonesia. Melihat dari sejarahnya kamu bisa mengetahui bahwa PAFI adalah organisasi di bidang farmasi yang tertua di Indonesia.

Kemunculan profesi asisten apoteker lebih dulu hadir dibandingkan apoteker. Salah satu alasannya karena di masa pemerintahaan Kolonial Belanda hanya terdapat pendidikan Asisten Apoteker yang harus berada dalam pendidikan langsung Negeri Belanda.

Visi dan Misi

Profil dari organisasi farmasi di Indonesia tentunya tidak terlepas dari visi dan misinya. Dimana hal tersebut akan bersinergi dalam kehidupan organisasi tersebut. Berikut adalah visi dan misi Persatuan Ahli Farmasi di Indonesia:

  • Mewujdukan derajat kesehatan secara optimal di kalangan masyarakat.
  • Mengembangkan serta meningkatkan pembangunan kefarmasian di Indonesia.
  • Meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Itulah informasi mengenai profil organisasi farmasi di Indonesia yang bisa kamu perhatikan. Melalui informasi tersebut kamu dapat mengetahui bahwa  PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi di Indonesia merupakan organisasi kefarmasian tertua yang ada di Indonesia. Info lebih lengkap tentang PAFI bisa mengunjungi website pafikabbulungan.org. Semoga bermanfaat!