Perbedaan Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Perbedaan Klinik Gigi dan Rumah Sakit

Sebagian orang pasti mengira kalau Klinik Gigi dan rumah sakit itu sama saja. Padahal, kedua tempat tersebut ada beberapa perbedaan khususnya dalam perawatan gigi. Sesuai namanya, klinik gigi berarti memang khusus memberikan layanan perawatan gigi. Sedangkan rumah sakit mencakup semua permasalahan kesehatan. Untuk lebih lengkapnya, simak perbedaan Klinik Gigi dan Rumah Sakit dibawah ini.

Perbedaan Klinik Gigi dan Rumah Sakit

1. Fasilitas

Salah satu perbedaan Klinik Gigi dan Rumah Sakit yang bisa dilihat adalah kelengkapan fasilitasnya. Fasilitas Rumah Sakit lebih lengkap dibandingkan fasilitas Klinik Gigi. Fasilitas untuk perawatan gigi seperti alat rontgen tiga demensi, TRIOS 3shape Intraoral Scanner, Intra Oral Camera, Dental Loupe, Autoclave dan lain sebagainya.

Meski begitu, fasilitas Klinik Gigi umumnya membuat pasien lebih nyaman seperti eperti ruangan dengan penerangan yang ideal, memiliki pendingin ruangan (AC), sofa yang empuk, dan lain sebagainya.

2. Jumlah Pasien

Umumnya jumlah pasien di Rumah Sakit lebih banyak dibandingkan jumlah pasien Klinik Gigi. Tak heran jika antrian pasien di Rumah Sakit lebih panjang dan lama dibandingkan antrian pasien di Klinik Gigi yang lebih cepat Tapi itu semua relatif. Bisa saja di Klinik Gigi lebih banyak antriannya, di Rumah Sakit malah sedikit antriannya.

3. Kondisi Gigi

Memilih Rumah Sakit atau Klinik Gigi sebenarnya tergantung dari kondisi tertentu seperti apakah Anda mengalami sakit gigi yang sangat parah, harus segera ditangani dan membutuhkan peralatan medis yang lengkap atau tidak.

4. Jam Buka

Perbedaan Klinik Gigi dan Rumah Sakit selanjutnya adalah jam buka. Jam buka Rumah Sakit biasanya cukup terbatas dari pagi sampai siang hari. Jika Anda tidak sempat mengunjungi dokter gigi di rumah sakit pada pagi dan siang hari maka klinik gigi adalah alternatif yang tepat untuk Anda. Bagian pemeriksaan gigi di Rumah Sakit biasanya akan tutup saat sore hari sementara Klinik Gigi biasanya buka hingga malam hari bahkan ada yang baru buka saat sore hari.

5. Biaya

Umumnya biaya perawatan gigi di Klinik Gigi lebih mahal dibandingkan biaya perawatan gigi di Rumah Sakit. Meski begitu, biaya perawatan gigi bisa lebih murah jika Anda menggunakan BPJS dan asuransi kesehatan yang lain. Biaya juga bervariasi tergantung tindakan yang diambil seperti tambal gigi, scaling, hingga cabut gigi. 

6. Dokter

Umumnya dokter yang melayani perawatan Gigi di Rumah Sakit adalah dokter gigi umum. Sedangkan dokter gigi yang bekerja pada Klinik Gigi atau yang membuka praktik sendiri biasanya merupakan dokter gigi spesialis ortopedi atau bedah.

7. Tindakan

Jika Anda ingin memasang behel gigi, menyambung gigi yang patah serta memutihkan gigi maka mengunjungi klinik gigi adalah pilihan yang lebih baik jika dibandingkan pergi ke dokter gigi yang bertugas di rumah sakit umum.

Namun jika Anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan rahang atau gigi Anda patah serta kerusakaan bagian mulut lainnya sehingga mengharuskan Anda untuk dioperasi maka rumah sakit adalah pilihan paling tepat untuk merawat dan menyembuhkan gigi dan mulut Anda.

Rumah Sakit dengan segala fasilitas dan sumber daya yang dimilikinya, memiliki kapasitas untuk membuat keputusan cepat, terutama dalam situasi hidup-mati. Pasien yang membutuhkan tindakan medis segera, seperti operasi mendesak, akan mendapatkan perhatian seketika di rumah sakit.

8. Struktur Organisasi dan Kebijakan

Rumah sakit adalah institusi yang memiliki struktur organisasi yang kompleks. Rumah Sakit didirikan oleh lembaga besar, baik pemerintah maupun swasta, dan mengikuti pedoman yang ketat dalam memberikan layanan kesehatan. Kebijakan dan prosedur di Rumah Sakit telah ditentukan dengan sangat rinci.

Sedangkan Klinik Gigi didirikan oleh seorang dokter atau kelompok dokter. Klinik Gigi memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam menentukan kebijakan dan prosedur klinik mereka sendiri.

Tips Memilih Klinik Gigi Terdekat Secara Tepat

Dalam memilih Klinik Gigi terdekat tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda membutuhkan informasi mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan Klinik Gigi terbaik untuk perawatan gigi dan mulut.

Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan dalam memilih Klinik Gigi. Berikut beberapa tips memilih Klinik Gigi terdekat yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Referensi

Pertama pastikan Anda meminta referensi maupun rekomendasi dari teman, sahabat maupun keluarga lain. Terutama jika kenalan tersebut sudah memiliki langganan Klinik Gigi. Dengan menerapkan tips tersebut Anda dapat memperoleh Klinik Gigi berkualitas yang bisa diandalkan.

Ketika teman merekomendasikan Klinik Gigi pastikan layanan tersebut benar-benar terpercaya. Terlebih jika yang merekomendasikan sudah berlangganan dalam kurun waktu lama. Ini membuktikan bahwa kualitas dan pelayanan Klinik Gigi sangatlah baik.

2. Testimoni Pasien

Cara terbaik dalam memilih Klinik Gigi terdekat dan terbaik adalah melalui testimoni pasien sebelumnya. Langkah tersebut juga akan berperan penting dalam melakukan penilaian untuk melihat kualitas pelayanan dari Klinik Gigi tersebut.

Saat ini Anda bisa menemukan informasi terkait testimoni pasien sebelumnya secara mudah. salah satunya dengan memanfaatkan media sosial Klinik Gigi maupun website resmi Klinik Gigi.

3. Mempunyai Tenaga Dokter Profesional

Berikutnya Anda juga harus memperhatikan keberadaan tenaga profesional dokter yang ada di Klinik Gigi terdekat. Silahkan menggunakan Klinik Gigi yang mempunyai dokter resmi, terpercaya dan pastinya sudah mempunyai lisensi.

Saat ini Anda juga bisa mencari informasi mengenai tenaga dokter tersebut secara mudah. Anda bisa lmendapatkan informasi dokter gigi melalui website maupun nomor izin praktiknya. Dengan begitu Anda bisa menggunakan jasa Klinik Gigi berkualitas dan bisa dipercaya.

4. Memastikan Klinik Memiliki Fasilitas Lengkap

Tidak kalah penting, memilih Klinik Gigi dilihat kualitas serta fasilitasnya. Pastikan Klinik Gigi pilihan Anda sudah didukung oleh berbagai peralatan lengkap dan modern.

Sementara itu pastikan juga bahwa semua alat yang digunakan juga menerapkan standar kebersihan serta sterilisasi secara ketat. Dengan begitu kebersihan, higienitas dan keamanan penanganan memakai fasilitas yang digunakan bersamaan dapat terjaga secara baik.

Menemukan Klinik Gigi terdekat menjadi salah satu kebutuhan penting bagi semua orang. Bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan profesional dan Klinik Gigi berkualitas, Happy Dental Clinic menjadi salah satu Klinik Gigi yang direkomendasikan

Happy Dental Clinic, Klinik Gigi Terbaik di Indonesia!

Happy Dental Clinic, Klinik Gigi Terbaik di Indonesia!

Happy Dental Clinic adalah Klinik Gigi yang berdiri sejak tahun 2009. Berada di mal - mal strategis dengan memberikan pelayanan lengkap untuk Anda dan keluarga. Happy Dental Clinic terletak di lokasi-lokasi yang strategis tersebar di 25 cabang yaitu Mal Ciputra Jakarta, Baywalk Mal, One Belpark, Green Pramuka Square, Puri Indah Mal, Mal Ciputra Cibubur, Transpark Mal Bintaro, Sumarecon Mal Bekasi, Gading Serpong, Mal Kelapa Gading, PIK Avenue, Cilandak Town Square, Trans Studio Mal Bandung, Grand Indonesia, Summarecon Mal Serpong, Grand Batam Mall, Supermal Karawaci, Living World Denpasar, AEON MALL Tanjung Barat, dan lainnya. Buka setiap hari Senin - Minggu : 10:00 WIB - 22:00 WIB. Khusus untuk cabang One Belpark buka pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB.