Peranan Koloid di Industri Farmasi

Peranan Koloid di Industri Farmasi

Ada beberapa koloid di industri farmasi yang wajib diketahui. Koloid menjadi salah satu aspek penting dalam bidang farmasi. Maka dari perlu penting bagi mahasiswa farmasi, untuk memperhatikan informasi tersebut secara baik. Sehingga dengan begitu kamu juga dapat mengikuti mata perkuliahan secara baik.

Apa Itu Koloid?

Koloid adalah campuran cat heterogen antata dua zat atau lebih. Dimana pertiket zat tersebut akan dipecah dan tersebar merata kepada zat lain. Sedangkan untuk ukuran partikel koloid tersebut adalah sebesar 1-100 nm.

Umumnya sistem koloid dapat ditemukan dalam berbaga kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya pada cat, yang sistem koloidnya berupa campuran heterogen zat padat yang tersebut secara merata dalam zat cair.

Peranan Koloid di Industri Farmasi

Lantas bagaimanakah peranan koloid di industri farmasi? Ketahui secara lengkap dibawah ini:

1. Obat-Obatan

Pada bidang farmai umumnya sistem koloid tersebut bisa ditemukan pada berbagai aspek. Salah satu contohnya adalah pada obat-obatan yang masyarakat konsumsi setiap harinya. Semua obat-obatan tersebut terbuat dari rangkaian proses serta sistem.

Salah satu proses pembuatan obat adalah melalui sistem koloid tersebut. Umumnya proses pembuatan obat nantinya akan terdapat zat, yang memudahkannya untuk larut di dalam air. Oleh sebab itu pengemasannya dimuat dalam bentuk koloid agar bisa mudah larut ketika diminum. Contohnya adalah obat bentuk kapsul, yang menggunakan sistem koloid tersebut.

2. Kosmetik

Peranan koloid di industri farmasi juga bisa kamu temukan pada pembuatan kosmetik. Dalam hal ini hampir 90% bahan pembuatan kosmetik memanfaatkan sistem koloid. Sehingga nantinya kosmetik bisa dengan mudah dibersihkan, tidka merusak kulit dan sesuai kebutuhan.

Terdapat banyak sekali produk kosmetik, yang memanfaatkan sistem koloid tersebutu. Berikut adalah beberapa contohnya, yaitu:

  • Pembuatan parfum, deodorant spray, hair spray, penghilang bau mulut.
  • Pembersih muka dan kulit, cairan masker dan cat kuku.
  • Deodorant stick, minyak rambut.
  • Sabun cukur dan sabun kecantikan.

3. Produk Farmasi Lain

Sementara itu peranan koloid di industri farmasi juga bisa kamu ketahui dalam beberapa produk lainnya. Hal tersebut meliputi minyak ikan serta penisilin untuk suntikan. Sehingga ada banyak sekali peranan koloid dalam industri farmasi untuk kamu perhatikan.

Itulah beberapa contoh peranan koloid di industri farmasi serta pengertiannya. Selain di industri farmasi koloid juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Info lebih lengkap tentang farmasi bisa mengunjungi website pafikotabatulicin.org. Semoga bermanfaat!