Perbedaan Jurusan Farmasi dan Perawat

Perbedaan Jurusan Farmasi dan Perawat

Sudah tahu perbedaan jurusan farmasi dan perawat? Jika belum, yuk simak disini penjelasannya dibawah ini. Dalam bidang kesehatan ada banyak sekali pilihan jurusan yang bisa menjadi pilihan. Namun terkadang beberapa orang juga mengalami kebingungan dalam mengetahui perbedaan jurusan. Salah satunya perbedaan jurusan farmasi dan perawat.

Perbedaan Jurusan Farmasi dan Perawat

Berikut adalah perbedaan jurusan farmasi dan perawat secara lengkap:

1. Deskripsi Umum

Deskripsi Umum

Jurusan perawat umumnya mempersipakan mahasiswa yang nantinya dapat memberikan perawatan langsung kepada pasien. Jurusan ini akan dilatih menjadi tenaga kesehatan yang dapat bekerja bersama dokter menangani kesehatan pasien.

Umumnya pengetahuan yang dimiliki oleh perawat mencakup pengetahuan medis secara umum, kemampuan komunikasi dengan pasien serta tim media maupun keterampilan klinis. Sehingga terdapat beberapa kebutuhan penting untuk kamu perhatikan.

Sementara untuk jurusan farmasi nantinya akan fokus pada ilmu terkait obat-obatan. Nantinya mahasiswa akan belajar mengenai biologi, kimia, teknologi pengembangan, produksi serta distribusi obat-obatan.

2. Kurikulum

Kurikulum

Perbedaan jurusan farmasi dan perawat selanjutnya juga terletak di kurikulum semasa perkuliahan. Umumnya jurusan farmasi akan memiliki beberapa mata kuliah, yang meliputi kimia farmasi, teknologi farmasi dan lain sebagainya.

Sedangkan jurusan perawatan mempunyai kurikulum terkait keperawatan pasien pada umumnya. Dimana mahasiswa juga akan belajar mengenai penguasaan fungsi obat-obatan demi menunjang kesehatan pasien.

3. Karir

Karir

Perbedaan jurusan farmasi dan perawat berikutnya juga terletak di segi karirnya. Dalam hal ini jurusan perawat dapat bekerja di rumah sakit, klinik, home care, komunitas dan lainnya.

Sementara untuk jurusan farmasi juga memiliki peluang karir cukup luas. Dimana nantinya lulusan dari jurusan farmasi dapat bekerja di berbagai instansi atau lembaga kesehatan tertentu. Bahkan nantinya jurusan farmasi juga memiliki peluang bekerja di lembaga pemerintahan.

Umumnya jurusan farmasi nantinya dapat masuk di berbagai bidang. Hal tersebut seperti menjadi apoteker, peneliti farmasi, industri farmasi maupun berbagai tempat lain berhubungan pada kefarmasian.

Dari sini dapat disimpulan perbedaan jruusan farmasi dan perawat terlihat cukup signifikan. Dimana meski jurusan perawat dan farmasi ini sama-sama ada di ruang lingkup kesehatan, namun fokus serta karir yang ditawarkan cukuplan berbeda.

Jurusan farmasi nantinya akan berorientasi pada ilmu serta teknologi obat. Sementara perawat akan fokus pada perawatan pasien secara langsung.

Itulah perbedaan jurusan farmasi dan perawat. Untuk mendapatkan info lebih lengkap tentang farmasi bisa mengunjungi website pafikotatanjung.org.