Bedanya Farmasi dan Anafarma yang Wajib Diketahui

Bedanya Farmasi dan Anafarma yang Wajib Diketahui

Sudah tahu bedanya farmasi dan anafarma? Jika belum, yuk simak perbedaanya disini. Jurusan farmasi menjadi salah satu studi di perkuliahan yang memiliki banyak sekali peminatnya. Namun tahukah kamu bahwa jurusan farmasi tersebut didalamnya juga memiliki lini pembagian lainnya untuk diperhatikan. Salah satunya adalah jurusan Anafarma.

Bedanya Farmasi dan Anafarma

Berikut adalah perbedaan farmasi dan anafarma:

1. Pengertian

Farmasi merupakan salah satu jurusan yang bisa dipilih sesuai dengan kecocokan serta minat kamu. Terutama bagi kamu yang ingin berkuitik dalam bidang medis selain sebagai perawat atau dokter. Farmasi sendiri merupakan kombinasi antara ilmu kimia, ilmu kesehatan dan dibutuhkan pada  dunia medis.

Sementara itu anafarma sendiri merupakan singkatan dari analisis farmasi dan makanan. Sehingga anafarma adalah program studi yang nantinya fokus belajar mengenai analisa obat-obatan, narkotika, fitofarmaka, kosmetika, alat kesehatan, bahan berhaya serta makanan dan minuman.

2. Study Pokok

Jurusan farmasi umumnya akan belajar mengenai ilmu pengobatan secara umum. Dimana nantinya mahasiswa memiliki tuntutan, untuk mengetahui serta melihat proses pembuatan obat-obatan. Selain itu mahasiswa juga perlu mengetahui proses interaksi senyawa kimiawi pada obat. Selain itu masih ada banyak sekali pembelajaran bagi mahasiswa farmasi, yang bisa diperoleh.

Beralih pada anfarma, disini mahasiswa akan belajar terkait metode analisa. Dimana analisa tersebut akan dimanfaatkan dalam proses identifikasi, evaluasi maupun pengendalian kualitas bahan-bahan dalam industry farmasi serta makanan.

Sehingga bedanya farmasi dan anafarmasi cukup terlihat jelas. Dimana untuk farmasi cendeurng berfokus pada pengobatan bagi pasien. Sedangkan anafarmasi analisa mengenai produk yang dihasilkan di pasaran.

3. Prospek Kerja

Seorang yang mengambil jurusan farmasi umumnya mempunyai prospek kerja yang cukup luas. Dimana lulusan farmasi dapat bekerja di berbagai layanan kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, klinik, laboratorium klinik dan lainnya.

Sedangkan analisa farmasi dan makanan mempunyai kesempatan karir di industri farmasi maupun makanan seperti laboratorijm klinis, perusahaan pemerintah di bidang kualitas produk maupun perusahaan farmasi serta makanan.

Jadi, dari penjelasan diatas bisa dipelajari bedanya farmasi dan anafarma. Keduanya aspek yang berbeda namun masih saling berkaitan sesuai porsinya masing-masing. Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai farmasi bisa mengunjungi website pafikabbutonutara.org.