Bagaimana Nasib Lulusan SMK Farmasi? Cek Disini

Bagaimana Nasib Lulusan SMK Farmasi Cek Disini

Nasib lulusan SMK Farmasi di Indonesia menjadi salah satu isu hangat yang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Ini sejalan dengan adanya pemberlakukan UU tahun 2014 No. 36 mengenai tenaga teknis kefarmasian yang wajib minimal D3.

Saat ini banyak sekali lulusan farmasi di Indonesia yang masih berstatus lulusan SMK. Lantas bagaimana Nasib bagi lulusan farmasi SMK? Dapatkan jawaban dan penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Nasib Lulusan SMK Farmasi di Indonesia

Umumnya ruang lingkup kefarmasian yang ada di Indonesia sangatlah luas. Namun tentu saja lulusan farmasi tersebut memiliki peranan yang cukup penting dalam pelaksanaan berbagai aktivitas masyarakat di Indonesia.

Dalam hal ini banyak sekali tenaga teknis kefarmasian yang ada di Indonesia memiliki ijazah terakhir SMK. Hal ini menyebabkan kekahawatiran bagi para lulusan SMK farmasi karena aturan minimal tenaga teknis tersebut akan disamakan menjadi D3.

Informasi tersebut membuat para lulusan SMK farmasi berisiko menganggur. Meski demikian luluasan SMK farmasi nantinya juga tetap bekerja dalam ruang lingkup kefarmasian. Berikut adalah rincian prospek kerja dan Nasib lulusan SMK farmasi setelah lulus, yaitu:

1. Apotek

Apotek

Bagi kamu lulusan SMK farmasi nantinya akan mempunyai peluang untuk bekerja di apotek. Dimana apotek sendiri nantinya akan menjadi tempat pelaksanaan pelayanan kefarmasian. Sehingga bagi tenaga teknis kefarmasian lulusan SMK farmasi juga memiliki peluang cukup menjanjikan.

Disini kamu dapat bekerja di apotek untuk melayani berbagai kebutuhan pembelian obat bagi pasien. Umumnya obat-obat yang dijuak di apotek adalah obat umum serta sesuai kebutuhan peresepan dari dokter.

2. Klinik

Klinik

Saat ini Nasib lulusan SMK farmasi juga memiliki peluang untuk bekerja di klinik. Tidak hanya sebagai tenaga kefarmasian di apotek klinik, namun kamu juga bisa bekerja dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

3. Wirausaha

Wirausaha

Sementara itu lulusan farmasi juga memiliki peluang sama untuk menjadi seorang wirausaha. Lulusan kefarmasian tersebut umumnya akan dibekali ilmu kefarmasian serta berbagai pengetahuan lainnya. Salah satunya juga termasuk ilmu berwirausaha yang dapat kamu manfaatkan setelah lulus dari pendidikan SMK farmasi.

Ada banyak sekali peluang bagi lulusan SMK farmasi untuk kamu ketahui. Namun bagi kamu yang ingin mempunyai propek lebih baik lagi bisa menempuh pendidikan lanjutan kefarmasian di perkuliahan.

Itulah informasi mengenai nasib lulusan SMK farmasi. Info lebih lengkap mengenai farmasi bisa mengunjungi website pafibinjaikota.org.